Friday, March 28, 2008

Cisco Networkers 2008

wah, ni acara sebenernya berlangsung tanggal 25 kemarin, tapi baru sempet nyentuh2 blog hari ini :P

hmm, ok gw mulai dari review acara kemarin dulu, pertama tema acara kemarin itu lebih ke arah unified communication, nah kebetulan acara yg gw ikutin itu yg pertama tentang unified communication, disitu d ceritain penggunaan IP Phone gak hanya untuk telp aja, tapi bisa d embed program lain.

yang sesi 2 gw ikutan acara yg diadakan dari salah satu platinum plus Partner Cisco, disitu dia kasih tau trend tentang Networking dalam hal Bandwidth Usage. Intinya pengguna Internet semkin ke sini yang paling besar berasal dari asia, nah ironisnya, tingkat kepercayaan bertransaksi ataupun servis yng ditawarkan di Internet malah asia yang paling kecil, hal ini menunjukan adanya peluang bisnis di kawasan asia itu sendiri dalam hal internet

sesi 3, gw mengikuti acara yg diadakan oleh Panduit, nah ini keren pasalnya dia ngejelasin yg namanya teknologi PfR (Performance Routing), itu adalah suatu teknik yg yg bisa diterapkan oleh Border Router jika kita memiliki lebih dari satu linkk untuk berkomunikasi entah itu dengan Internet ataupun remote site!!! yg bikin keren adalah teknik PfR agak berbeda dengan Routing Protocol, dia bisa sense (Border Router) klo jalur yg sekarang dipake itu response timenya lebih lelet, nanti bisa langsung di ubah lewat jalur back-up. Nah misalkan jur back-up terlalu lama dipake dia akan memperhitungkan biaya, sehingga bisa switch over lagi ke Primary link. Dari sini lu semua akan bertanya, EIGRP juga menggunakan metric yg sifatnya in the fly seperti 'Load' dan 'Reliability', yup benar, cuma perhitungan ini akan dikalkulasikan oleh 'semua' router yg terhubung dengan EIGRP dengan AS yang sama, sedangkan PfR perhitungan hanya berlaku di Border Router (Router yang ada di ujung).

Sesi-4, ini sesi yg paling keren, disitu ada Pak Himawan Nugroho (himawan.blogsome.com). Disana dia sharing tentang bagaimana kiat-kiat menjadi CCIE ^_^, gak nyangka dari segi perawakan orangnya agak kecil gitu, tapi Triple CCIE, salut2. Dan ketika acara selesai, gw mwmberanikan diri untuk meminta fotonya ^_^

selesai sesi4, gw bersama teman2 (Faedzil en Ibnu), memutuskan untuk Istirahat sebelum acara penutupan. Hmm, ketemu pak Irfan Setia Putra, ya ude gw lagi2 memberanikan diri untuk foto bareng (gak tau malu hahahahaha).

Acara penutupan dilakukan dengan pembagian hadiah , dimana gw alhamdulillah dapet kaos karena berhasil menjawab pertanyaan tentang PfR

en ketika pulang masing2 kita mendapatkan souvenir berupa FD 1 GB

Wuiiihhh, itu kira2 hal yang bisa gw share, klo ada acara beginian lagi ntar gw kabr2in


:P:P:P

No comments: